Satu Kelapa Terakhir


Sudah hampir dua minggu saya minum air kelapa tiap malam sebelum pulang, sejak saya merasa ada yang salah dengan tubuh saya dengan mendapati ternyata kolesterol saya cukup tinggi (269, luar biasa!!).

Saking rutinnya membeli air kelapa.pada orang yang sama, sampai-sampai kalau bapak tukang kelapa mau libur dia akan bilang pada saya, “neng, enjing mah bapak libur nya, teu jualan ah”, dan saya akan menjawab “muhun pak, abdi meser di pasar weh atuh” (bahasa Sunda saya memang sudah meningkat drastis, papa saya pasti bangga).

Tadi, sebelum saya pulang, saya mengirim paket dulu ke JNE Soekarno Hatta. Sebenarnya, saya bisa saja ambil jalan pintas pulang dan tidak perlu melewati tempat tukang kelapa, tapi kebiasaan minum air kelapa tiap malam membuat saya memaksakan diri berputar untuk beli air kelapa (mungkin juga dua minggu kebersamaan dengan tukang kelapa menimbulkan hubungan batin… Hmmm….).

Setibanya saya di sana, si bapak meringis sambil berkata, “neng, ditungguan ku bapak, ieu kalapa sisa hiji, teu dijual titatadi nungguan eneng” (tuh, bener kan, ada hubungan batin). Saya merasa trenyuh karenanya,… Bahasa rohaninya, bapak tukang kelapa memberkati saya hari ini. Mengingat bahwa ada satu konsumen yang setia membeli air kelapa tanpa buah tiap hari demi menurunkan kolesterol dan mendapat kulit cantik (taruhan, yang baca pasti ada yang pengen coba juga beli air kelapa).

“Atuh saya meserna sakalian weh jeung buahna nya Pak”

“Siap Neng”

Kalau berjualan hanya tentang uang, Bapak tukang kelapa bisa saja menjual sisa satu kelapa itu dari tadI (yang mana mungkin pembeli lain membeli buahnya juga, tidak seperti saya biasanya, airnya saja), mendapat uangnya, dan pulanG karena kelapa jualannya sudah habis. Bapak ini mengajar pada saya, dalam melakukan segala sesuatu, hubungan dengan manusia lain tetaplah lebih penting.

Saya pamit sambil tersenyum pada si bapak yang sedang beres-beres untuk pulang sambil berkata “nuhun Neng, sekarang bapak bIsa pulang”.

Terimakasih Pak, air kelapa hari ini manis sekali….

Advertisements