Beberapa tahun belakangan saya mendengarkan Papa saya yang selalu menyatakan ketidaksetujuannya soal pemakaian nama Allah dalam Alkitab orang Kristen…
Ada banyak orang yang mencibir walau ada banyak juga yang mulai menyetujuinya…

Kemarin saya berdebat dengan seseorang di twitter. Walau namanya menunjukkan dia seorang Kristen, tapi sebenarnya tdk begitu.

Hari ini kembali saya melihat perdebatan antar agama… Agama mayoritas mengatakan bahwa agama yang diridhoi Allah hanya Islam… itulah kenapa umat muslim mengatakan bahwa mereka dapat menyatakan ‘kebenaran’ pada orang kafir (baca Kristen).

Saya setuju dengan mereka.. Agama yang diridhoi Allah adalah Islam… masalahnya, Tuhannya agama Kristen (seperti jg Tuhannya agama Hindu, Buddha, Sinto dan yang lain) tidak bernama Allah. Dia bernama YHWH yang kemudian menjadi manusia dengan nama Yesus Kristus (Yeshua Hamasiakh). 

Hanya saja di awal Alkitab diterjemahkan, terjadi masalah karena keterbatasan bahasa, sehingga digunakanlah nama Allah sebagai sinonim (bukan nama) Tuhan. Kemudian, sudah terlalu jauh untuk merevisi Alkitab sehingga muncullah teori-teori pembenaran yang mengatakan bahwa tak apa menggunakan Allah sebagai ganti Elohim dan bahwa Allah merupakan adaptasi dari Al-Ilah (Tuhan).

Dalam perjanjian lama, Yahweh diterjemahkan sebagai TUHAN sedangkan Elohim diterjemahkan sebagai Allah. Beberapa keanehan terjadi ketika ada tulisan Tuhan ALLAH, entah apa maksudnya. 

Lepas dari boleh tidak menggunakan kata Allah dalam Alkitab, yang ingin saya soroti adalah masalah yang timbul sebagai akibat dari penggunaan kata yang sama dalam dua agama yang berbeda (yang satu menggunakannya sebagai Nama yang Kudus, yang satu menggunakan sebagai sinonim ‘Tuhan’).

Saya rasa saya tidak menyalahkan jika umat muslim keberatan Yesus disebut Anak Allah, karena Allah tidak beranak dan memperanakkan… Begitu juga ketika mereka keberatan saat kita mengatakan Yesus adalah Allah, karena sesungguhnya keduanya berbeda.

Ah, kalau saja dulu Alkitab diterjemahkan dengan benar… mungkin saat ini kegaduhan macam ini bisa dikurangi…

