Holiday Day 4: Liburan ala Raja

Pagi hari keempat kami dijemput jam 8 pagi di hotel oleh mobil dari Pelican Cruise, kapal yang akan mengantar kaki keliling Halong Bay, salah satu seven wonder nature.

Kami menempuh perjalanan yang cukup panjang, kurang lebih 3,5 jam dengan mobil. Keluar dari daerah hotel, kami mendapat gambaran baru tentang Hanoi. Jalanan besar dengan flying over dan banyaknya pembangunan menunjukkan negara ini memang sedang bersiap-siap untuk membangun.

Jam 9.45 kami tiba di tempat pembuatan souvenir, salah satunya patung dari batu granit yang dapat dikirim kemanapun kecuali ke Indonesia (karena jarangnya turis Indonesia).

Selain patung-patung itu, kami juga melihat kerajinan sulam yang dikerjakan oleh disable person:

Juga batu-batuan dari Vietnam yang terkenal:

Hanya 30 menit kami di sana sebelum melanjutkan perjalanan 1,5 jam lagu ke Halong Bay.

Kapal yang akan kami tumpangi adalah Pelican 1, Cruise bintang 4 yang akan ditumpangi oleh 30 orang termasuk kami. Hanya kami satu-satunya penumpang dari Asia (kebanyakan Eropa dan USA).

Kami diangkut oleh kapal kecil dari dermaga menuju Pelican Cruise yang berdiri gagah menanti kami. Di dalamnya sudah ada awak kapal yang ramah luar biasa.

Kami disambut dengan perkenalan para crew dan buffee lunch yang luar biasa, awal yang sangat baik untuk sebuah liburan bak raja-raja.  Setelah itu kami dipanggil berdasarkan negara tujuan dan diberi kunci kamar.

Setiap kamar memiliki jendela yang menghadap keluar, twin bed dan kamar mandi yang wangi dan bersih.

Boat kami terdiri dari 3 lantai. Lantai pertama adalah resepsionis, massage room dan kamar-kamar (termasuk kamar kami). Lantai kedua adalah ruang makan dan kamar-kamar. Lantai 3 adalah bar dan dek.

Setelah beristirahat sangat sebentar, kami naik perahu kecil lagi untuk pergi mengunjungi Soi Sim beach di mana kami bisa memilih untuk berenang atau memanjat ke atas tebing dengan banyak sekali anak tangga.

Kami dan beberapa turis bule memilih naik ke atas, sedangkan turis Asia (Cina, Korea) memilih berenang, atau duduk minum.

Rasa lelah kami terbayar dengan pemandangan yang disuguhkan dari atas

Hanya 45 menit kami di sana sebelum kembali ke kapal, istirahat sangat sebentar dan melanjutkan ke Bat Cave.

Untuk ke Bat Cave kami memiliki 2 pilihan (setelah diangkut dengan kapal kecil ke dermaga perahu). Menggunakan kayak atau perahu nelayan. Saya dan Papa memutuskan naik kayak sedangkan sisanya menggunakan perahu Nelayan. Tadinya saya akan naik kayak dengan Yovi. Tapi di perjalanan ke Halong dia muntah-muntah dan sejak itu merasa tidak enak badan.

Perahu nelayan

Mendayung selama 45 menit adalah hal yang cukup melelahkan bagi yang tidak terbiasa berolahraga seperti saya. Namun merupakan kegiatan yang cukup menyenangkan, terapung-apung di laut dan melihat bulan yang keluar saat hari masih siang, belum lagi pemandangan yang luar biasa adalah pengalaman yang hebat.

Dari situ kami kembali ke hotel bersiap untuk makanan luar biasa yang akan saya rahasiakan dan tidak akan saya ceritakan sedikitpun. Anda harus mencobanya untuk mengetahuinya.

Sebelum makan malam, kami diajari membuat Spring Roll, makanan khas Vietnam yang sudah saya ceritakan kemarin.

Makan malamnya memang hebat sekali, ala Amerika dan Vietnam jadi satu. Sayang sekali mama saya tidak terlalu menyukainya dan Yovi sama sekali tidak ikut makan karena merasa tidak enak badan.

Hari ini cukup melelahkan, tapi luar biasa. Sayang sekali kami tidak terbiasa nongkrong dan minum wine atau beer seperti semua bule di kapal kami. Di saat mereka mengobrol di dek sambil minum, kami memutuskan di kamar untuk ngobrol sampai ngantuk.

Besok pagi kami akan mengunjungi Surprise Cave dan siangnya kembali ke hotel di Hanoi. Sekarang, need to rest… Bye…

Ps: late post karena selama di Halong Bay tidak ada sinyal