Beberapa tahun yang lalu, permainan angry bird menjadi salah satu permainan populer yang membuat kaya pembuatnya. Hampir setiap gadget dan komputer memiliki games yang menjadi salah satu fitur di google chrome ini.

Angry bird merupakan permainan yang (sepertinya) menggunakan hukum fisika. Tentukan sudut dan kekuatan yang tepat untuk menembak obyek dengan jarak tertentu.

Angry bird adalah burung yang kuat dengan karakter seperti burung pemarah yang memiliki alis hampir bertaut. Permainan ini memiliki banyak versi, mulai dari permainan di gudang sampai di luar angkasa.

image

Beberapa hari ini, satu jenis burung lagi menarik perhatian kita, flappy bird. Berbeda dengan angry bird, games ini hanya membutuhkan sedikit kapasitas memory, dengan desain ala games tahun 90an.

Juga, berbeda dengan angry bird yang terkesan kuat dan memiliki banyak kesempatan, flappy bird adalah burung yang rapuh dan cepat mati. Sepersekian detik saja pemain terlambat atau terlalu cepat menyentuhkan jarinya di layar gadget, flappy bird akan menabrak tiang dan mati… Dan pemain harus mengulangnya dari awal.

Nilai diperoleh berdasarkan jumlah tiang turun naik yang berhasil dilewati si flappy bird ini. Percaya atau tidak, sulit sekali mendapat nilai untuk si flappy bird ini… Saya sudah mencobanya selama satu jam belakangan, dan nilai tertinggi yang saya dapat hanya 18…artinya flappy bird saya paling jauh hanya melewati 18 tiang.

Hal yang mengherankan saya adalah ketika melihat score board flappy bird. Tahukah Anda berapa banyak rekor yang diperoleh pemain Flappy Bird? Saya tercengang melihatnya. Skor maksimum diperoleh oleh Isaiah Olson sebesar 9.223.372.036.854.776.000 diikuti oleh tiga orang yang mendapatkan nilai sama. Saya hanya menebak, mungkin batas atas permainan ini hanya sampai nilai itu.

Saya sampai kebingungan membaca nilai itu… Apa sebutan setelah triliun? Yang lebih membingungkan saya adalah,berapa lama waktu yang dihabiskan Olson untuk memainkan permainan itu dengan tingkat konsistensi yang begitu hebat? Cobalah sendiri permainan itu untuk mengetahui maksud saya.

Ya, yang mencengangkan saya adalah lama bermain dan konsistensi si pemain… Saya akan mencoba menghitungkan untuk Anda kira-kira berapa lama dia bermain… Jika saya misalkan satu tiang 1 detik, maka dibutuhkan 292.471.208.677,53 tahun. Kecuali jika nilai bertambah menjadi puluhan ribu atau bahkan jutaan setiap tiangnya… Entahlah… Menurut saya ini tidak masuk akal…

Tapi lepas dari masuk atau keluar akal nilai yang diperoleh Olson, saya ingin menyoroti 2 hal melalui tulisan ini. Terkesan gak nyambung, tapi memang itu yang melintas di otak saya.

Pertama adalah masalah konsistensi. Pernahkah Anda melakukan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi terus menerus dalam waktu yang lama? Saking lamanya, Anda sampai merasa bahwa itu adalah sesuatu yang mudah dan Anda akan bisa melakukannya sampai selamanya.

Masalah konsistensi bukanlah masalah mudah atau sulitnya sesuatu, tapi masalah melakukan terus menerus tanpa mengubah mood dan kualitas.

Konsistensi mungkin tidak selalu menjadi kunci kemenangan (karena bisa saja ada faktor keberuntungan dalam kemenangan). Tapi konsistensi adalah rahasia setiap orang besar… Tidak ada yang suka orang yang mudah mengubah mood dan kualitas pekerjaannya. Jika Anda sering mengubah haluan kapal, maka Anda tidak akan sampai ke manapun…

Hal kedua yang tidak kalah penting adalah… Konsistensi dalam hal apa? Boleh saja Anda menetapkan haluan kapal Anda, tapi jika arahnya salah, Anda kemungkinan sampai di suatu tempat yang benar-benar salah…

Namun pertanyaannya adalah, bagaimana jika ketika setelah kita menetapkan suatu arah, ternyata di tengah perjalanan kita mengetahui bahwa arah itu salah….? Apakah lalu kita akan mengubah arah kita?

Si burung flappy mengajarkan kita… Mati sesekali tidak apa… Hidup selalu menawarkan kesempatan untuk memulai lagi… Hanya saja, lakukan dengan konsisten… Beberapa orang mendapat nilai baik, beberapa orang mendapat nilai buruk… Konsistensi membawamu ke nilai tertinggi…

