Beberapa hari ini, saya membahas tentang Phobia di blog greissia.wordpress.com. Semakin hari saya semakin ketagihan membahas tentang phobia-phobia ini. Bukan hanya karena saya suka menulis, tapi karena penyakit psikologis ini benar-benar menarik perhatian saya. Bagaimana seseorang bisa ketakutan setengah mati pada sesuatu, seseorang atau kondisi tertentu.

Adik saya memiliki ketakutan yang luar biasa pada kucing (dan mungkin juga hewan berbulu lainnya karena dia menolak memegang anjing saya yang begitu lucu) karena suatu saat dia pernah dicakar oleh kucing yang coba ia pegang saat dia gadis kecil.

Saya sendiri memiliki perasaan tidak nyaman di tengah kerumunan orang banyak yang tidak saya kenal atau berada di dalam rumah saat hujan deras (saya sebenarnya memilih hujan-hujanan saja di luar daripada mendengar hujan dari dalam rumah). Kalau mau dibilang phobia, saya phobia pada styrofoam yang digesek-gesekan…. Saya mungkin bisa membunuh orang yang nekad menggesek-gesekkan styrofoam di depan saya (ups…mudah-mudahan mempublikasikan ini tidak merepotkan saya suatu saat hehe…)

Setiap orang mungkin memiliki phobia masing-masing. Phobia pada gelap, pada badut, pada balon, bahkan pada cermin. Ya, banyak sekali daftar phobia yang ada di bumi ini. Saya percaya mereka membuat nama phobia tersebut bukan mengada-ada, tapi karena ada orang yang pernah mengalaminya.

Phobia merupakan bentuk ekstrim dari rasa takut. Takut diberikan Tuhan sebagai insting bagi kita jika terjadi sesuatu yang tidak benar. Takut juga diberikan Tuhan pada kita sebagai kendali ketika kita berbuat salah. Namun Phobia merupakan jenis ketakutan ekstrim yang berlebihan terhadap sesuatu.

Oya, tujuan saya menulis ini untuk mengarahkan Anda membaca tulisan-tulisan saya tentang Phobia (karena entah bagaimana saya mengamati Anda lebih suka mampir ke sini dari pada ke blog saya yang lain hehe…). Beberapa phobia yang sudah saya tulis adalah Panophobia, Taphephobia, Alladoxaphobia, Gelophobia, Gnosiophobia dan Hadephobia. Masih ada banyak pobhia yang nanti akan saya tulis….

Dibaca ya…:)

