Selamat tahun baru 2013


Hey…. we’re in 2013…. Kita di tahun 2013…. Tahun yang oleh sebagian orang dianggap tidak akan pernah ada karena ramalan Mama Loren dan kalendar Suku Maya. Ternyata Tuhan menunjukkan kuasanya tidak dibatasi ramalan orang. Dia masih memberi kesempatan sedikit lagi bagi kita untuk melakukan kewajiban kita di dunia.

Bicara soal kesempatan, setiap kita pasti senang diberi kesempatan kedua, bukan? Seorang anak yang mendapat nilai buruk senang diberi kesempatan memperbaiki nilai. Seorang yang melakukan kesalahan dan terancam dipecat senang jika bosnya memberi dia kesempatan. Setiap kita senang diberi kesempatan untuk memperbaiki kesalahan. Demikian juga dengan kesempatan mencoba hal baru… walau tidak semua, namun sebagian besar orang menyukainya.

Kesempatan adalah seperti mata air di tengah gurun… Begitu langka, namun dinanti. Semua orang menyukainya, namun tidak semua orang menyadari ketika kesempatan itu datang. Tidak semua orang berani menangkap kesempatan yang lewat. Tidak semua orang siap dengan resikonya.

Tahun yang baru mungkin tidak berarti apapun. Saya selalu mengatakan bahwa tahun baru hanya berarti bahwa bumi merayakan perjalanannya mengitari matahari satu kali lagi. Entah dari mana titik asalnya. Entah kapan tahun itu dimulai. Entah siapa yang dulu mendahului perhitungan tahun.

Sama seperti bumi merayakan perjalanannya satu tahun mengitari matahari, sebagian orang merayakan perjalanannya melewati satu masa kehidupan… Sebagian orang fokus pada menyobek lembaran lama dan memulai lembaran baru. Tapi buat saya itu adalah hal yang tolol… masa sekarang adalah hasil keputusan masa lalu. Tahun baru bukanlah memulai lembaran baru dan menutup semua hal tentang tahun yang lampau.

Sebagian orang mungkin tersenyum sinis dan berkata, “Tuhan saja melupakan dosa lama kita”… Benar, Dia melakukannya tanpa menunggu tahun baru. Tidak relevan juga mengaitkan dengan kesalahan orang lain pada kita… pengampunan tidak ada hubungannya dengan tahun baru…

Bagi saya tahun baru bukan saat menutup lembaran lama dan memulai lembaran baru. Tapi kesempatan untuk belajar dari pengalaman tahun yang lampau dan memperbaikinya… Kesempatan untuk mengingat kebaikan Tuhan di masa lalu. Kesempatan untuk mensyukuri penyertaan Tuhan di masa lalu… Kesempatan untuk membuat rencana untuk menjadi lebih baik.

Tahun ini, 2013 Masehi… 2013 tahun sejak Mesias turun ke bumi. Sama seperti bumi memiliki kehidupan karena tetap berada dalam lintasan mengelilingi matahari, kita akan tetap hidup jika tetap melekat pada Mesias… Tuhan yang hidup. Selamat tahun baru pembaca semua… isilah hari ini dengan memikirkan setiap hari yang sudah lewat. Jangan tutup lembaran lama, tapi gunakan itu sebagai alasan bersyukur, sebagai pembelajaran hidup, dan ukuran untuk membuat target yang lebih tinggi…

Eben Haezer… Sampai di sini Tuhan sudah menolong kita,… dan Tuhan yang setia itu akan melanjutkannya sampai impianNya nyata dalam diri kita..

Selamat tahun baru 2013!!

Advertisements