“Lihat Jam!!”


“Ngerjain apa-apa teh liat jam atuh”. Itu kata-kata yang selalu diucapkan mama pada kami, anak-anaknya, sejak kecil.

Lucu juga kalau ternyata inti dari apa yang saya pelajari selama kuliah di Teknik Industri adalah “efisiensi waktu”. Yes… Saya tergila-gila pada apa yang namanya “lakukan-secepat-mungkin-untuk-menghemat-waktu”.

Efisiensi waktu itu menjalar (?) ke efisiensi gerak. Untuk menghasilkan waktu minimal, kita harus sebisa mungkin mengatur gerak agar tidak membuang-buang waktu.

Selanjutnya lagi menjalar ke “kerja cerdas”. Untuk menghasilkan waktu minimum, kita harus mengusahakan bekerja cerdas. Pikirkan metode terbaik dan tercepat dalam melakukan segala sesuatu.

Tidak sulit bagi saya memahami inti pelajaran di Teknik Industri itu, karena apa yang mama saya ajarkan sejak kecil.

Wow!! Bukankah luar biasa? Sebuah nasihat kecil dari mama tentang “Ngerjain apa-apa teh liat jam atuh” bisa memiliki dampak yang luar biasa: efisiensi waktu, efisiensi gerak, metoda yang cerdas.

Saya coba terapkan metoda mama pada anak didik saya. Seperti anak remaja lain, anak didik saya itu tidak mempedulikan waktu. Membiarkan harinya berjalan begitu saja. Seringkali rencana dibuat meleset karena kebiasaannya menunda dan mudah teralih perhatiannya.

Saya mulai praktekan metoda “LIHAT JAM ketika mengerjakan tugas” sejak kemarin. Saya beri dia tenggat waktu sampai hitungan menit, seperti “kerjakan a, b, c, d”, saya beri waktu 30 menit.

Dan barusan saja, dia menunjukkan sedikit kemajuan. Dia bisa memilah pekerjaan mana yang harus dikerjakan dahulu, dan metoda apa yang harus digunakan untuk kerja cepat. Satu kali dia berteriak “aaah, salah”, saya tanya, “kenapa Beth?”. Dia jawab “harusnya caranya ga gini, jadi lama”. Biasanya dia ga peduli sama lamanya waktu yang dia buang.

Well, itulah dahsyatnya nasihat kecil dari orangtua.

Buku Letter from Parents yang berisi nasihat-nasihat dari orangtua sedang dibuat dummy-nya, sambil menunggu masukan dan endorsement dari beberapa orang. Doakan terus ya… Terimakasih…

ada komentar?

