Setiap Orang Berbeda, Bung!


“Orang paling menyenangkan adalah tipe Sanguin”

Saya pernah mendengar seseorang mengatakan hal tersebut pada saya dengan bangga. Kebetulan yang bersangkutan “merasa” memiliki temperamen sanguin yang ceria.

Lalu saya akan bertanya, “kata siapa?” Dia akan menjawab “banyak yang bilang begitu, si anu, anu, anu” dan dia menyebutkan daftar-daftar orang sanguin lainnya.

Setiap orang merasa bahwa temperamen dirinya adalah yang terbaik yang pernah diciptakan Tuhan, kemudian dilanjutkan dengan menjelek-jelekan orang yang memiliki temperamen lain.

“Si anu itu orangnya asik, ga mempermasalahkan duit, semua dibawa santai” kata seorang kawan. Sementara terhadap si anu yang sama mungkin orang lain akan berpendapat “si anu itu orangnya ga bisa diajak serius, meremehkan segala sesuatu, ga bisa dipercaya”.

Mana yang benar? Saya akan jawab, semua benar.

Setiap orang berbeda. Hanya karena kita berbeda dengan orang lain, bukan berarti kita dibenarkan untuk mengatakan bahwa tipe kita yang terbaik dan tipe orang lain kurang baik.

Seorang Sanguin mungkin saja menyenangkan, ceria, tapi mereka juga seringkali ceroboh, kurang dapat diandalkan, bermulut besar.

Seorang Koleris mungkin saja dapat memimpin dengan baik dan berpendirian teguh, tapi mereka juga keras kepala, sulit didekati, arogan, dan suka mau benar sendiri (baik, saya memang sedang membicarakan diri sendiri)

Seorang Plegmatis mungkin saja pendengar yang baik, damai, dan tenang. Tapi mereka juga lamban, mau-maunya sendiri, keras kepala dengan caranya sendiri.

Seorang melankolis mungkin saja teliti, dapat diandalkan, rapi dan akurat. Tapi mereka juga perasa, mudah tersinggung, lamban dan sulit membuat keputusan.

See? Setiap temperamen memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Tidak ada yang menonjol dan hebat sendiri. Tuhan menciptakan beragam jenis manusia untuk memastikan dunia ini penuh warna dan dapat diatur.

Tidak lucu jika semua orang memiliki sifat yang sama. Dunia ini akan bisa jadi membosankan atau tidak teratur atau rusuh atau semrawut.

Hal paling penting yang harus diingat semua orang adalah TOLERANSI. Menerima bahwa semua orang berbeda. Menerima bahwa semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan meremehkan orang lain, jangan menganggap diri sendiri lebih unggul.

Jadi, jika lain kali tergoda mengatakan temperamenmu paling menyenangkan, pikirkan, kamu punya kelemahan, tidak ada gunanya tinggi hati.

Advertisements

One thought on “Setiap Orang Berbeda, Bung!

ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s