Berpikir dulu sebelum bicara


Beberapa hari yang lalu, waktu saya lagi keringin rambut di ruang ganti gym, ada kejadian yang lucu, tapi bisa membuat kita belajar sesuatu.

Jadi ceritanya, di ruang ganti wanita itu ada sekumpulan ibu-ibu muda berusia 45 tahunan yang lagi menunggu kelas fitness.

Tiba-tiba masuk seseorang yang kalau liat sekilas kita ga bisa menentukan jenis kelaminnya. Rambutnya cepak nyaris botak dengan poni ga beraturan.Orang tersebut masuk dan langsung belok ke kanan. Ibu-ibu muda itu ada di sayap kiri ruang ganti itu, saya ada di sayap kanan, jadi orang itu berjalan ke arah saya.

Begitu melihat ada orang tidak jelas masuk, salah satu dari ibu-ibu muda itu langsung teriak “heh kamu!”. Waktu orang tersebut berbalik, ibu itu, entah karena melihat orang tersebut memiliki “dada wanita”, entah karena spontan, dia melanjutkan “siapa nama kamu?”
Orang itu yang kaget menjawab “dewi”.

Karena malu dua kali, ibu itu menyahut lagi “oh, baru ya?”

Setelah Dewi masuk ke kamar mandi, ibu-ibu itu tertawa cekikan. Rupanya mereka mengira Dewi ini pria yang salah masuk ruang ganti.

Pertanyaannya, salah atau tidak ibu ini berteriak ke Dewi?

Beberapa orang memiliki pertimbangan yang panjaaaang, seringkali membuat dia sulit bertindak. Orang-orang seperti ini hanya akan diam kalaupun ada cowo masuk ruang ganti cewe.

Beberapa orang juga memiliki ketidak pedulian yang besar. Mereka tidak bertindak karena tidak mau dan tidak peduli.

Beberapa orang tidak memiliki pertimbangan, seolah apa yang dilihat tidak perlu diproses otak, langsung bertindak, seperti ibu yang berteriak ke Dewi ini.

Hal paling bijak adalah, berpikir sebelum bertindak. Namun, kalau pun perlu bertindak, bertindaklah dengan bijak, sopan, elegan, dan cerdas.

Advertisements

ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s