Gondongan


Ada yang bilang “sakit itu perlu, menandakan waktunya untuk mengistirahatkan diri”. Tapi buat saya, sakit itu ketika Tuhan ingin kita berdiam diri dan mensyukuri atas hidup, baik sehat maupun sakit

Seminggu ini tubuh saya menuntut istirahat. Diawali dengan radang tenggorokan, flu berat, kaku rahang, tidak bisa buka mulut, PMS…benar-benar komplikasi yang membuat menderita. Setelah dicari-cari di internet, dan atas pemberitahuan beberapa rekan, diketahuilah bahwa ini adalah gejala gondongan, penyakit yang biasanya menyerang anak-anak…dan menular.

Gondongan atau bahasa kerennya mumps, dan bahasa ilmiahnya parotis adalah ketika kelenjar ludah terkena virus Paramyxovirus. Gejalanya seperti yang saya alami, mula-mula demam, kemudian rahang merasa kaku, ga bisa buka mulut dan pada kasus saya, lidah saya juga seperti mengalami “setengah lumpuh”, sulit banget dibuat bicara.

Karena ga bisa buka mulut, otomatis ga bisa masukin makanan ke dalamnya, dan yang lebih parah ga bisa gosok gigi.

Yang lucu dari penyakit yang biasanya menyerang anak-anak adalah, efeknya lebih parah ketika menyerang orang dewasa. Sepuluh tahun lalu saya dan adik saya secara bersama-sama terkena cacar…dan efeknya jauh lebih parah dari anak-anak. Sepuluh hari ga bisa mandi, dan bentol-bentol cacar tidak hanya di kulit luar, tapi sampai ke lidah dan dalam telinga…sakit sekali

Sekarang 10 tahun kemudian saya sakit gondongan. Pada orang dewasa gondongan dapat menyerang sistem saraf pusat, mengganggu keseimbangan tubuh, menyerang pankreas, payudara (pada wanita) dan testis (pada pria).

Saat tulisan ini dibuat, saya masih belum bisa membuka mulut dan pipi bagian kiri berasa kaku banget. Tapi tadi pagi my father have prayed for me …and i know everything will gonna be ok 🙂

ada komentar?

