Selamat datang…(anak kampung)!


Hari ini saya mengajak dua orang murid saya untuk sekolah minggu di salah satu gereja. Kesalahan saya adalah tidak memberi mereka pakaian “bagus”. Mereka memakai pakaian seadanya… (kaos dan jeans). Saya lupa bahwa jaman sekarang, kedudukan seseorang (bahkan anak kecil) dilihat dari pakaian, penampilan dan handphone…

Dua murid saya ini adalah murid yang sangat baik dan membanggakan. Mereka tahu sopan santun, tata krama dan bagaimana bersikap.

Sepulang dari sekolah minggu, saya bertanya pada mereka, “gimana tadi? senang?”. Dengan wajah tersenyum mereka menjawab “seneng”., dan mereka menunjukkan hadiah selamat datang dari sekolah minggu tersebut.

Saya tanya lagi “mau gak diajak lagi ke sekolah minggu itu” mereka diam sejenak, kemudian jawab, “yah, kalau nginep lagi mau”

Sepulang dari sekolah minggu, karena mereka harus langsung berlatih paduan suara, saya membelikan mereka susu. Di jalan mereka cerita, “kak, tadi lucu lho, waktu bagi kelompok, kakaknya kan bilang ‘ayo kenalan sama anak baru’, terus anak-anaknya jawab ‘ga mau'”

Terus mereka cerita lagi “terus anak-anak itu bisik-bisik, katanya ‘anak kampung’ gitu”

Well, walaupun kaget setengah mati, tapi saya maklum. Anak-anak sekarang dibesarkan dalam lingkungan yang tidak menerima orang lain yang berbeda dengan dirinya. Ada kasta ‘tuan dan pembantu’ di rumah, ada kasta ‘murid dan cleaning service’ di sekolah, ada kasta ‘putih dan hitam’ di sekolah minggu…

Pada akhirnya ‘toleransi’, atau ‘penerimaan’ hanyalah kata yang dijadikan bagian dekorasi…. Dan ‘menjadi terang’ hanyalah sebuah ayat hafalan yang dihafalkan untuk mendapatkan gambar tempel.

Pada akhirnya ucapan ‘selamat datang di sekolah minggu…’ oleh anak-anak hanyalah sebuah paduan suara sambutan yang menjadi agenda sekolah minggu tiap hari minggu.

Sementara di kebaktian umum sebuah pengumuman yang sangat indah dipasang “sepuluh tahun lagi usia ku 23 tahun…” dan “bimbinglah kami…”

Well, sungguh ironis…

Advertisements

One thought on “Selamat datang…(anak kampung)!

ada komentar?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s